Astutik, Astutik and , Drs. Joko Suwandi, M.Pd (2013) Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Kelompok B Melalui Media Pembelajaran Rumah Hitung TK Aisyiyah IX Karangbulu Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (423kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika anak dengan menggunakan rumah hitung. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak perlu ditingkatkan, karena saat ini baru 25%, padahal diharapkan kecerdasan logika matematika anak mencapai 85%. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran rumah hitung. Melalui penelitian tindakan kelas komperatif kritis antara peneliti dengan kolaburator / teman sejawat selaku guru kelas di Kelompok B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B dengan menggunakan pembelajaran rumah hitung, awal prasiklus sebesar 25%, pasca siklus I 50% kemudian meningkat pada pasca siklus II mencapai 90%. Keberhasilan pengembangan kecerdasan logika matematika anak dipengaruhi oleh media yakni rumah hitung, dan metode pendukungnya yaitu belajar sambil bermain. Dalam penelitian ini menggunakan permainan rumah hitung yang dibuat bervariasi tiap pertemuan. Dengan media rumah hitung anak dapat ikut terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dengan ikut terlibat langsung memungkinkan anak untuk tidak segera lupa dengan kegiatan yang telah diajarkan. Kesimpulan dengan melalui media pembelajaran rumah hitung dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah IX Karanbulu, Boyolali tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan logika matematika, pembelajaran rumah hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Nov 2013 11:12 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26798 |
Actions (login required)
View Item |