Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderasi (Survey pada Industri Mebel di Kabupaten Sukoharjo)

Sriyanto, Sriyanto and , Drs. Agus Endro Suwarno, M.Si (2013) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Pelimpahan Wewenang Sebagai Variabel Moderasi (Survey pada Industri Mebel di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (453kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

Mengingat gaya manajer puncak dalam menyusun anggaran sangat menentukan perilaku bawahannya, maka manajer puncak harus mampu melihat anggaran bukan hanya sebagai susunan angka-angka secara teknis. Manajer puncak juga dapat melihat bahwa yang ada dibalik angka-angka itu adalah orang-orang yang sikap dan perilaku mereka sangat dipengaruhi oleh cara yang ditempuh oleh manajer puncak dalam menyusun anggaran. Maka dengan demikian manajer puncak akan berusaha menggunakan metode penyusunan anggaran yang lebih baik agar prestasi yang dicapai dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empirik pengaruh pelimpahan wewenang terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan studi empiris. Sampel penelitian yaitu manajer menengah yang bekerja di industri mebel di Kabupaten Sukoharjo. Kuesioner disebar kepada 11 industri mebel di Kabupaten Sukoharjo berjumlah 55 kuesioner. Uji hipotesis menggunakan metode statistik regresi linear dan uji nilai selisih mutlak. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi (β1) yang positif sebesar 0,308 dengan probabilitas atau sign. 0,040 (p<0,05) dan nilai thitung sebesar 1,504. Partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial akan berpengaruh positif dan signifikan apabila pelimpahan wewenang yang dimiliki manajer tinggi. Interaksi antara partisipasi dengan pelimpahan wewenang (X1.X2) menunjukkan koefisien (β3) sebesar 3,233 dengan probabilitas atau sig 0,005 (p<0,05) dan Fhitung sebesar 4,770 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,179.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, pelimpahan wewenang
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2013 07:31
Last Modified: 04 Nov 2021 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item