Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Bercerita dengan Hand Pupet (boneka tangan) Pada Anak Kelompok B di Tk Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper Klaten Semester I Tahun Ajaran 2013/2014

Mulyani, Sri and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Bercerita dengan Hand Pupet (boneka tangan) Pada Anak Kelompok B di Tk Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper Klaten Semester I Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (976kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa melalui bercerita dengan hand puppet (boneka tangan) pada anak kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper Klaten Semester I Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Data yang dikumpulkan adalah daa tentang kemampuan Bahasa anak dan prosedur pembelajaran melalui bercerita dengan hand puppet (boneka tangan). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui bercerita dengan hand puppet (boneka tangan) dan mengamati tindakan guru saat menerapkan cerita dengan hand puppet (boneka tangan) dan catatan lapangan digunakan untuk membantu mengurangi penyimpangan dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dengan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui bercerita dengan hand puppet (boneka tangan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan Bahasa di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper Klaten Semester I Tahun Ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 47,08%, pasca siklus I mencapai 62,71 %, dan pasca siklus II mencapai 78,75 %, kemudian pasca siklus III mencapai 85,42 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bercerita dengan hand pupet ( boneka tangan) dapat mengembangkan kemampuan bahasa kelompok B TK Bustanul Athfal Aisyiyah Klepu Ceper Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, bercerita, hand pupet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Nov 2013 12:54
Last Modified: 01 Nov 2021 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item