RAHAYU, SANTI PUJI and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Bertanggung Jawab Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Somopuro Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (125kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kemampuan bertanggung jawab pada anak kelompok A di TK Pertiwi Somopuro Jogonalan Klaten rendah, data Pra Siklus diperoleh prosentase 23% yang terdiri 4 anak dari keseluruhan anak didik yaitu 17 anak. Observasi sementara yang dilakukan menunjukkan bahwa masalah tersebut muncul karena penerapan metode yang konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat siklikal dalam artian bila Siklus I belum berhasil maka perlu diadakan Siklus II dan seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bertanggung jawab pada anak kelompok A di TK Pertiwi Somopuro Jogonalan Klaten. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif. Penelitian dilakukan di TK Pertiwi Somopuro Jogonalan Klaten dengan subyek penelitian 17 anak.Hasil dari penelitian pembelajaran proyek untuk mengembangkan kemampuan bertanggung jawab anak, Pra Siklus sampai dengan siklus II yaitu Pra Siklus 23%, Siklus I 50% dan Siklus II 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran metode proyek bisa mengembangkan kemampuan bertanggung jawab anak yaitu mencapai 85%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan kemampuan bertanggung jawab, metode proyek. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2013 12:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26741 |
Actions (login required)
View Item |