Supartini, Chatarina and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Penanaman Dan Pengembangan Karakter Antikorupsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia(Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
Bab_1_Chatarina_S.pdf Download (318kB) |
|
PDF (BAB II)
Bab_2_Chatarina_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
PDF (BAB III)
Bab_3_Chatarina_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
PDF (BAB IV)
Bab_4_Chatarina_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (BAB V)
Bab_5_Chatarina_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
PDF (BAB VI)
Bab_6_Chatarina_S.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Chatarina_S.pdf Download (338kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Surat_Pernyataan_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (307kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai inti karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia; 2) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai gaya hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan 3) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai inti karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu guru memiliki tugas mengimplementasikan dalam pembelajaran dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari, seperti beribadah, jujur, dan tanggung jawab, disiplin waktu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya yang akhirnya mampu membentuk karakter antikorupsi di kalangan siswa; 2) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai gaya hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari misalnya mandiri, gemar membaca, cinta damai, cinta tanah air, guru mengamati perkembangan dan perubahan perilaku siswa yang lebih baik, dan 3) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia misalnya peduli sosial, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, toleransi, peduli lingkungan, semangat kebangsaan, melakukan evaluasi yang terorganisasi, terpadu, dan berkelanjutan sehingga dapat memotivasi meningkatkan kualitas kinerjanya dalam penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2013 08:06 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26363 |
Actions (login required)
View Item |