Pengaruh terapi manipulasi terhadap peningkatan lingkup gerak sendi bahu pada frozen shoulder di RST Dr. Soedjono Magelang

Ervianta, Widya and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes (2013) Pengaruh terapi manipulasi terhadap peningkatan lingkup gerak sendi bahu pada frozen shoulder di RST Dr. Soedjono Magelang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (842kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA..pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Haskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (584kB)

Abstract

Latar Belakang : Frozen shoulder merupakan rasa nyeri yang mengakibatkan keterbatasan lingkup gerak sendi (LGS) pada bahu. Mungkin timbul karena adanya trauma, mungkin juga timbul secara perlahan-lahan tanpa tanda-tanda atau riwayat trauma. Keadaan ini biasanya timbul gejala seperti tidak bisa menyisir karena nyeri disekitar depan samping bahu. Nyeri tersebut terasa pula saat lengan diangkat untuk mengambil sesuatu dari saku kemeja, ini berarti gerakan aktif dibatasi oleh nyeri. Salah satu modalitas untuk meningkatkan lingkup gerak sendi adalah pemberian latihan terapi manipulasi. Terapi manipulasi adalah suatu gerakan pasif yang digerakkan dengan tiba- tiba, amplitude kecil dan kecepatan yang tinggi, sehingga pasien tidak mampu menghentika n gerakan yang terjadi. Tujuannya adalah untuk memperbaiki joint play movement dan dengan demikian memperbaiki roll-gliding yang terjadi selama gerakan aktif. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh terapi anipulasi terhadap peningkatan lingkup gerak sendi pada frozen shoulder di RST dr.Soedjono Magelang. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, dengan desain penelitian Pre and Post Test With Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel 16 orang yang terdiri dari 8 orang kelompok perlakuan dan 8 orang kelompok kontrol. Modalitas yang diberikan adalah Terapi latihan berupa terapi manipulasi selama 4 minggu berturut-turut dengan 3 set pengulangan setiap minggu. Pengukuran lingkup gerak sendi menggunakan goneometer. Uji Normalitas data menggunakan Shapiro-Willk tes kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesa dengan Paired Sample T-test dan uji beda menggunakan Independen T-Test. Hasil Penelitian: Berdasarkan pengujian statistik didapatkan hasil yang signifikan dengan nilai P adalah 0.0001 dimana p < 0.05 ang berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh pemberian terapi manipulasi terhadap peningkatan lingkup gerak sendi penderita frozen shoulder. Kesimpulan: Pemberian terapi manipulasi terbukti memberikan pengaruh terhadap peningkatan lingkup gerak sendi pada penderita frozen shoulder.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi manipulasi, lingkup gerak sendi, frozen shoulder
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 Sep 2013 12:11
Last Modified: 21 Nov 2019 02:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item