Implementasi Kurikulum Al-Islam Dalam Meningkatkan Ibadah Mahdhah Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2011/2012

Sjahid, Muhammad and -, Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.ArI Anshori, M.Ag (2013) Implementasi Kurikulum Al-Islam Dalam Meningkatkan Ibadah Mahdhah Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum al-Islam belum dapat terlaksana dengan optimal, sebagai contoh kompetensi dasar pada mata pelajaran ibadah, yaitu mendeskripsikan tentang ibadah mahdhah (dalam hal shalat), serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu masih ada di antara peserta didik yang kurang tertib dalam menjalankan ibadah mahdhahnya, seperti halnya shalat, ketika dikumandangkan adzan tidak bersegera ambil wudhu, bahkan ketika di luar sekolah belum dapat menjalankan kewajiban shalat lima waktunya dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum al-Islam dalam meningkatkan ibadah mahdhah (khususnya shalat) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun 2011/2012 serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum al-Islam dalam meningkatkan ibadah mahdhah pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi kurikulum al-Islam dalam meningkatkan ibadah mahdhah pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun 2011/2012 adalah (1) Pengembangan program kurikulum al-Islam, meliputi: program tahunan, program semester, program modul (buku pegangan), program mingguan dan harian, dan program pengayaan dan remedial, (2) Pelaksanaan pembelajaran al-Islam, meliputi: pre test (apersepsi), proses, dan post test, (3) Evaluasi hasil belajar peserta didik, meliputi: ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS), dan Ulangan Akhir Semester (UAS), dan (4) Kegiatan-kegiatan dalam kurikulum al-Islam, meliputi: tadarus dan hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur’an, Shalat Dhuha, Dzuhur dan Jum’at dengan berjama’ah, serta baitu arqam (pesantren kilat). Sedangkan faktor pendukungnya adalah (1) Pelaksanaan implementasi kurikulum al-Islam langsung dipantau oleh Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Surakarta, (2) Pembelajaran dilaksanakan dengan model moving kelas, (3) Sarana dan prasarana kurikulum al-Islam memadai, dan (4) Pelaksanaan Shalat Dzuhur dan Jum’at secara berjama’ah sifatnya wajib. Adapun faktor penghambatnya adalah (1) Masih ada peserta didik yang waktu adzan sudah dikumandangkan tidak bersegera ambil wudhu, (2) Masih ada peserta didik dalam menjalankan Shalat Dzuhur kurang tepat pada waktunya, (3) Masih ada peserta didik berbicara sendiri ketika khatib sedang khutbah jum’at, dan (4) Masih ada peserta didik belum tertib menjalankan shalat lima waktu.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, agama Islam, ibadah dalam Islam, ibadah mahdhah x
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2013 06:54
Last Modified: 25 Oct 2021 02:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item View Item