Surati, Surati and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Penerapan Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 04 Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (755kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (491kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (270kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 04 Sewurejo melalui penerapan pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN04 Sewurejo dan guru sebagai subyek pelaku penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif interaktif, yaitu membandingkan tingkat motivasi belajar siswa pada awal/sebelum penerapan pembelajaran CTL dalam pelajaran matematika, dan keadaan akhir/sesudah penerapan pembelajaran CTL dalam pelajaran matematika. Berdasarkan hasil pra siklus tingkat motivasi belajar siswa masih rendah rata-rata hanya mencapai 30% dan masih ada 70% siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I pertemuan ke 1 tingkat motivasi belajar matematika siswa rata-rata 54% dan meningkat menjadi 70% pada pertemuan ke 2. Pada siklus II Pertemuan ke 1 tingkat motivasi belajar matematika siswa ratarata 76% dan meningkat menjadi 90% pada pertemuan ke 2. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Pada kondisi pra siklus hanya 30% siswa yang tuntas KKM (65) meningkat menjadi 50% pada siklus I pertemuan ke 1 dan 80% pada pertemuan ke 2. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM (65) mencapai 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 04 Sewurejo Mojogedang Karanganyar tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Belajar, CTL (Contextual Teaching Learning), Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 12:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25520 |
Actions (login required)
View Item |