Pengaruh Metode Halliwick Dan Neuro Developmental Treatment (NDT) Terhadap Peningkatan Fungsional Pada Delay Development Di YPAC Surakarta

Kurniawanti, Nia Riska and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Nugraheni Agustyaningsih, SSt. FT (2013) Pengaruh Metode Halliwick Dan Neuro Developmental Treatment (NDT) Terhadap Peningkatan Fungsional Pada Delay Development Di YPAC Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Latar belakang: Delay Development adalah bagian dari ketidakmampuan mencapai perkembangan sesuai usia, dan didefinisikan sebagai keterlambatan dalam dua bidang atau lebih perkembangan motor kasar atau motor halus, bicara/berbahasa, kognisi, personal/sosial dan aktifitas sehari-hari. Istilah ini digunakan bagi anak yang berusia kurang dari lima tahun. Permasalahan yang timbul kasus Delay Development Setiap penyimpangan atau hambatan terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang dan cacat. Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh metode halliwick dan neuro developmental treatment (NDT) terhadap peningkatan fungsional pada delay development di YPAC Surakarta. Metode yang dipakai : quasi eksperiment dan desain penelitian pre and post test with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah bayi terhadap di posyandu Desa Gonila yang memenuhi kriteria inklusi selama 5 minggu. Total sampel sebayak 10 responden dengan rincian pada kelompok perlakuan 5 responden, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat 5 responden. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon Test dan Mann-whtiney test. Hasil penelitian : Uji statistik menggunakan wilcoxon test, pada kelompok kontrol didapatkan hasil p = 0,068 berarti tidak ada pengaruh Halliwick terhadap penongkatan fungsional. Sedangkan pada kelompok perlakuan didapatkan hasil p= 0,43 berarti ada pengaruh Neuro Developmental Treatment terhadap peningkatan fungsional. Berdasarkan uji Mann-Whitney didapat hasil p= 0,016 berarti ada perbedaan pengaruh antara kelompok halliwich dan kelompok NDT terhadap peningkatan kemampuan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Halliwick, Neuro Developmental Treatment (NDT) , Delay Development
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 10:00
Last Modified: 26 Apr 2016 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item