Nugroho, Nur Cahyo Setyo and -, Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda-Benda Terdekat Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD N 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (141kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk meningkatkan keberanian dalam mengerjakan persoalan Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) untuk mengetahui apakah metode menggunakan media benda-benda terdekat dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 atau tidak, serta untuk mengetahui seberapa jauh peningkatannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan metode menggunakan media benda-benda terdekat yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui simak catat, observasi langsung, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan metode menggunakan media bendabenda terdekat menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghitung perkalian siswa dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian diperoleh: 1) metode menggunakan media benda-benda terdekat dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan kemampuan menghitung perkalian siswa mencapai 78,95% sehingga indikator pencapaian kemampuan menghitung perkalian sebesar >75% dapat tercapai. 2) peningkatan yang dicapai oleh siswa selama penelitian ini berlangsung sebesar 57,90% hal ini diperoleh dari kemampuan menghitung perkalian siswa yang ditunjukkan oleh hasil siklus II sebesar 78,95% dikurangi kondisi awal yang diperoleh dari pretest sebesar 21,05%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode menggunakan media benda-benda terdekat dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menghitung Perkalian, Kelas IV, Media Benda-Benda Terdekat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 07:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25329 |
Actions (login required)
View Item |