Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Di TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Yamrini, Yamrini and , Aryati Prasetyarini M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Di TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Pembelajaran dengan permainan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu angka ternyata hanya menghasilkan 47% anak yang mampu mengenal konsep bilangan dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran melalui media kartu angka. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu angka pada anak TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan mengenal warna dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam mengenal konsep bilangan dikumpulkan melalui permainan kartu angka.. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan kartu angka dapat mengembangkan kemampuam mengenal konsep bilangan pada anak di TK Permata Hati Kid’s School Delanggu Klaten. Adapun langkah-lanhkah penggunaan permainan kartu angka yang berhasil sebagai berikut (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menyebutkan kartu angka yang di tunjuk oleh guru, mengambil angka dan dapat menyebutkan angka dengan lancar (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam konsep bilangan, permainan kartu angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 07:58
Last Modified: 01 Nov 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25301

Actions (login required)

View Item View Item