Muthia, Arina and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Peningkatan Kemandirian Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII G di SMP Negeri 1 Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (735kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Gatak yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan pemahaman konsep belajar matematika siswa melalui pendekatan RME. Peningkatan ini dapat dilihar dari indikator-indikatornya. Adapun indikator kemandirian, yaitu siswa dapat mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan sebanyak 16 siswa (47,06%), setelah tindakan sebanyak 28 siswa (90,32%); siswa percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan sebanyak 14 siswa (41,18%), setelah tindakan sebanyak 26 siswa (83,87%). Adapun indikator pemahaman konsep, yaitu siswa dapat memecahkan masalah berkenaan konsep sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (38,23%), setelah tindakan sebanyak 29 siswa (93,56%); siswa mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%), setelah tindakan sebanyak 24 siswa (77,42%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemandirian dan pemahaman konsep belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | realistic, kemandirian, pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 10:48 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25290 |
Actions (login required)
View Item |