Peningkatan Keberanian Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V SD Negeri Jetis Klaten Tahun 2012/ 2013

Sulistianingsih, Dewi and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Keberanian Berbicara Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V SD Negeri Jetis Klaten Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan keberanian berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran role playing, 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran role playing. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus. Tiap siklusnya melalui 4 tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, sedangkan teknik validitas instrumen adalah teknik validitas isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan keberanian berbicara dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Jetis Klaten Tahun 2012/ 2013. Peningkatan ini dapat dilihat pada siklus I. Pada siklus ini terjadi peningkatan keberanian berbicara dan hasil belajar dibandingkan dengan pra tindakan. Bila pada pra tindakan hanya 1 siswa yang berpredikat sangat berani maka pada siklus I meningkat menjadi 4 anak. Pada tahab pra siklus juga meninggalkan 1 anak yang berpredikat sangat tidak berani, namun pada siklus I tidak ada anak yang berpredikat sangat tidak berani. Kriteria beranipun mengalami peningkatan dari 1 anak pada pra tindakan menjadi 5 anak pada siklus I. Siklus ke II keberanian berbicara meningkat secara signifikan. Siswa yang berkategori sangat berani menjadi 7, 3 siswa berpredikat berani dan hanya 4 anak yang berpredikat cukup berani. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada pra siklus hanya terdapat 4 siswa yang memiliki nilai di atas KKM dengan rata-rata kelas 68,00, pada siklus I meningkat menjadi 8 anak yang di atas KKM denga rata-rata 70,36 dan pada siklus II siswa yang memperoleh KKM sebanyak 13 siswa dengan nilai rata-rata 80,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran role playing dapat meingkatkan keberanian berbicara dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Jetis Klaten tahun 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian berbicara, hasil belajar, role playing, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2013 09:29
Last Modified: 25 Oct 2021 12:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item