Wastuti, Oktaris Rochma and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Bagi Siswa Kelas VII A Semester II SMP Negeri 4 Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP dengan menerapkan strategi pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas . Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP N 4 Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data, observasi,wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu motivasi siswa dalam ketekunan mengerjakan tugas yang diberikan guru setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian baru 4 siswa (12,5%), pada putaran I mencapai 10 siswa (30,5%) dan pada putaran II mencapai 20 siswa (62,25%), Motivasi keuletan siswa dalam menghadapi kesulitan mengerjakan soal (tidak lekas putus asa) setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian baru 3 siswa (10%), pada putaran I mencapai 9 siswa (28,15%) dan pada putaran II mencapai 18 siswa (56,25%), siswa yang lebih senang bekerja mandiri (tidak menyontek) setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian baru 4 siswa (12,5%), pada putaran I mencapai 9 siswa (28,25%) dan pada putaran II mencapai 15 siswa (46,875%), kuatnya kemauan siswa untuk belajar setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian baru 2 siswa (6,25%), pada putaran I mencapai 6 siswa (18,25%) dan pada putaran II mencapai 17 siswa (53,25%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Motivasi, Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 07:09 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25233 |
Actions (login required)
View Item |