Abdullah, Bayu Mukti and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash (PTK di Kelas VIII Semester II SMP N 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.Hlm_depan.pdf Download (404kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.Daftar_pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.lmpirn.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf Download (92kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wuryantoro Wonogiri tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Adobe Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Wuryantoro Wonogiri yang berjumlah 34 siswa, sebagai obyek penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, verifikasi data (penarikan kesimpulan). Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika meliputi: 1) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan menjadi 61,76%, 2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh soal sebelum tindakan 23,52% dan setelah tindakan menjadi 55,88%, 3) kemampuan siswa mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan menjadi 52,94%, 4) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum tindakan 58,82% dan sesudah tindakan menjadi 79,41%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, prestasi belajar, media pembelajaran Adobe Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 06:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25229 |
Actions (login required)
View Item |