Widiyanto, Eko and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi CIRC Berbasis Peta Konsep (PTK Bagi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (155kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar metematika pada materi kubus dan balok melalui strategi CIRC berbasis peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri I Gatak Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi dan hasil belajar matematika meliputi: 1) Siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 11,76%, pada siklus I 17,65%, pada siklus II 29,41%, dan diakhir tindakan 47,06%, 2) Siswa yang menjawab pertanyaan secara lisan maupun tertulis dengan benar sebelum tindakan 17,65%, pada siklus I 26,47%, pada siklus II 41,18%, dan diakhir tindakan 61,76%, 3) Siswa yang dapat berdiskusi dalam tim sebelum tindakan 35,29%, pada siklus I 50%, pada siklus II 70,59%, dan diakhir tindakan 85,29%. nilai tes mandiri siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75 sebelum tindakan 38,24%, pada siklus I 52,94%, pada siklus II 70,59%, dan diakhir tindakan 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran CIRC berbasis peta konsep dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, hasil belajar, circ, dan peta konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 07:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25200 |
Actions (login required)
View Item |