Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Siswa Melalui Strategi Poster Session dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Kelas X MAN Sukoharjo Tahun 2012/2013

Dinawati, Fathin Noor and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Siswa Melalui Strategi Poster Session dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Kelas X MAN Sukoharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PDF_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
PDF_BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan komunikasi matematika bagi siswa kelas X MA Negeri Sukoharjo dengan strategi pembelajaran poster session dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa. Kedua peningkatan pemahaman konsep diamati dari empat indikator. Peningkatan menjawab dan mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 52,39%. Peningkatan penerapan konsep mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 42,86. Peningkatan menanggapi mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 52,38%. Peningkatan membuat kesimpulan mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 66,66%.Peningkatan pemahaman konsep mengakibatkan peningkatan komunikasi matematika. Peningkatan komunikasi matematika diukur dari empat indikator. Peningkatan berbicara mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 38,1%. Peningkatan menggambar mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 32,86%. Peningkatan menulis mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 42,86%. Peningkatan menjelaskan konsep mengerjakan dari kondisi awal meningkat sebesar 42,86%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ikasi, pemahaman konsep , poster session
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 07:26
Last Modified: 02 Nov 2021 23:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item