Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Solving Berbasis Media Visual Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika (PTK Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013)

Anjarsari, Febrilia and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Solving Berbasis Media Visual Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika (PTK Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Solving berbasis Media Visual bagi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Banyudono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII G sebagai subjek pemberi tindakan dan siswa kelas VII G yang berjumlah 32 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan kreativitas dan hasil belajar matematika. metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Problem Solving berbasis Media Visual dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengeluarkan pendapat sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan 75%, (2) membuat soal sebelum tindakan 18,7% dan setelah tindakan 65,6%, (3) memecahkan masalah sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 78,1%, (4) menjawab soal sebelum tindakan 21,8% dan setelah tindakan 81,7%, (5) menarik kesimpulan sebelum tindakan 9,3% dan setelah tindakan 68,7%, (6) hasil belajar mencapai KKM ≥ 77 sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 87,5%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi atau penerapan strategi pembelajaran Problem Solving berbasis Media Visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 1Banyudono.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ativitas, hasil belajar, Problem Solving, Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 06:53
Last Modified: 02 Nov 2021 23:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item