Utami, Desi Tri and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Desain Pembelajaran Assure Berbasis Visual Basic ( PTK pada Siswa Kelas XI-Ak di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (538kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI-AK di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta dengan menggunakan model desain pembelajaran ASSURE berbasis Visual Basic. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas XI-AK yang berjumlah 16 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode alur yang meliputi proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui model desain pembelajaran ASSURE berbasis Visual Basic. Hal ini dapat dilihat dari indikator : 1) kemampuan siswa dalam mengajukan permasalahan/persoalan sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 68,75%, 2) kemampuan siswa dalam merespon permasalahan/persoalan dari siswa lain sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan 56,25%, 3) kemampuan siswa dalam mengungkapkan lambang, notasi, dan persamaan matematika secara lengkap dan benar sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan 87,5%, 4) kemampuan siswa dalam menjelaskan kesimpulan yang diperoleh sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 75%, 5) hasil belajar siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sebelum tindakan 37,5% dan setelah tindakan 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model desain pembelajaran ASSURE berbasis Visual Basic dengan dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ASSURE, Hasil Belajar, Komunikasi, Visual Basic |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 06:30 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25192 |
Actions (login required)
View Item |