Permatasari, Linda and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education dengan Strategi Team Accelerated Instruction untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika (PTK pada Siswa Kelas XI AP di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (818kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Team Accelerated Instruction bagi siswa kelas XI-AP SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI-AP sebagai subjek pemberi tindakan dan siswa kelas XI-AP yang berjumlah 16 orang sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika. metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Team Accelerated Instruction dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengajukan suatu persoalan atau pertanyaan sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan 81,25%, (2) merespon pertanyaan atau persoalan sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 75%, (3) mengungkapkan lambang, notasi, dan persamaan matematika secara lengkap dan benar sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 87,5%, (4) menjelaskan kesimpulan yang diperoleh sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 81,75%, (5) hasil belajar mencapai KKM ≥ 75 sebelum tindakan 37,5% dan setelah tindakan 87,5%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi atau penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dengan strategi Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI-AP SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, hasil belajar, Realistic Mathematic Education, Team Accelerated Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 06:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25191 |
Actions (login required)
View Item |