Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Kartu Konsep Dengan Tidak Menggunakan Kartu Konsep Pada Pokok Materi Sistem Kehidupan Dalam Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kebonagung Pacitan Tahun Ajaran 2012/2013

Irianawati, Geby and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Kartu Konsep Dengan Tidak Menggunakan Kartu Konsep Pada Pokok Materi Sistem Kehidupan Dalam Tumbuhan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kebonagung Pacitan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara menggunakan kartu konsep dan tidak menggunakan kartu konsep pada pokok materi sistem kehidupan dalam tumbuhan siswa kelas VIII SMP N 1 Kebonagung Pacitan. Kelas yang digunakan dalam penelitian dua kelas yang dipilih dengan uji matching. Kelas dalam penelitian ini diberi pembelajaran yang berbeda dan menerapkan tiga materi yang berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data menggunakan One Way ANOVA. Ratarata hasil belajar kelas yang menggunakan kartu konsep sebesar 77,42 lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan kartu konsep sebesar 60,71. Dari hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 61,962 > 4,019 maka, H0 ditolak berarti ada perbedaan yang signifikan antara kedua pembelajaran yang diterapkan antara menggunakan kartu konsep, dan tidak menggunakan kartu konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan kartu konsep dengan perolehan rata-rata hasil belajar lebih tinggi yaitu 77,42 dibandingkan kelas tidak menggunakan kartu konsep 60, 71.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu Konsep, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 10:21
Last Modified: 26 Oct 2021 15:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item View Item