Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning (PTK pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Purwodadi Tahun 2012/2013)

Setyaningsih, Eni and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning (PTK pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Purwodadi Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (884kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (472kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purwodadi melalui strategi problem based learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data, guru matematika dan siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data dengan observasi terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar matematika. (1) Peningkatan kemandirian matematika , (a) siswa yang mampu menyelesaikan dan bertanggung jawab pada tugas matematika dari kondisi awal 18,42%, siklus I 39,47%, siklus II 65,79%, (b) siswa yang mampu mengatasi masalah (soal) matematika dari kondisi awal 21,05%, siklus I 42,1%, siklus II 63,16%, c) siswa yang percaya pada kemampuan dalam berpendapat dari kondisi awal 2,6%, siklus I 15,79%, siklus II 34,21%, d) siswa yang mampu memperhatikan pelajaran matematika dari kondisi awal 31,58%, siklus I 52,63%, siklus II 84,21%. (2) Peningkatan prestasi belajar siswa pada penelitian dari kondisi awal 21,05%, siklus I 42,10%, Siklus II 71,05%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 07:20
Last Modified: 02 Nov 2021 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25086

Actions (login required)

View Item View Item