Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Pertiwi, Iksani and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (332kB)

Abstract

Kecerdasan emosional anak perlu ditingkatkan, Oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara guru kelas, kepala sekolah dan peneliti. Hasil penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan emosional anak melalui bercerita menggunakan boneka tangan yaitu kecerdasan emosional anak pra siklus sebesar 54,5 % peningkatan kecerdasan emosional anak siklus I 64,95 % dan peningkatan kecerdasan emosional anak siklus II 90,8 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak kelompok B TK Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Bercerita, Boneka tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 09:56
Last Modified: 25 Oct 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item View Item