Noviati, Rini and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Eksperimentasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) EDan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa (Pada Siswa kelas V1I SMP Negeri 1 Mojosongo tahun 2012/ 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF ( Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 mojosongo tahun ajaran 2012/ 2013. Teknik untuk pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, masing-masing terdiri dari 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis dengan program Microsoft Excell 2010 untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ditinjau dari rasa ingin tahu siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBM), Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Rasa Ingin Tahu Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 07:31 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24909 |
Actions (login required)
View Item |