Eksperimentasi Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Contextual Teaching And Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Santosa, Rahmad and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Eksperimentasi Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Contextual Teaching And Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_INTISARI_COVER.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar matematika matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Examples Non Examples dan Contextual Teaching and Learning, (2) perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (3) efek interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 8 kelas reguler 2 kelas khusus dengan jumlah 341 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 74 siswa diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, tes prestasi belajar matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum dilakukan uji hipotesis menggunakan anava, dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data mengacu pada hipotesis yang dirumuskan dengan taraf signifikansi 5% (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara model pembelajaran Examples Non Examples dan Contextual Teaching and Learning(CTL). Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung = 6,58 > Ftabel = 3,98 (2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan ditinjau dari aktivitas belajar siswa. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung = 1,16 < Ftabel = 3,13 (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan harga statistik uji Fhitung = 1,47 < F tabel = 3,13.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:12
Last Modified: 02 Nov 2021 22:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item