Ratnaningtyas, Dyan Ayu and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Efektivitas Strategi Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika (PTK Siswa Kelas VIII A MTs Sultan Agung Ngawen Blora 2012/ 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (650kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (410kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) bagi siswa kelas VIII A MTs Sultan Agung Ngawen Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII A berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 40 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan penalaran matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode wawancara, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui strategi pembelajaran matematika realistik (PMR). Peningkatan kemampuan penalaran matematika ini dapat dilihat dari indikator-indikator yaitu: (1) menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan gambar 32,5% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 67,5% (2) membuat dugaan atau manipulasi matematika sebelum tindakan 27,5%, setelah tindakan menjadi 62,5% (3) menyelesaikan soal matematika sebelum tindakan 17,5%, setelah tindakan menjadi 57,5% dan (4) menarik kesimpulan logis matematika sebelum tindakan 22,5%, setelah tindakan menjadi 60%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 06:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24901 |
Actions (login required)
View Item |