Prihatiningsih, Wiwik and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Taruna Teladan Delanggu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (221kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan hidup melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Taruna Teladan Delanggu Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan ini adalah anak usia 4-5 tahun di TKIT Taruna Teladan Delanggu yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilaksanakan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran maupun dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan kecakapan hidup khususnya aspek kemandirian melalui metode bermain peran di TKIT Taruna Teladan Delanggu, sebelum tindakan 38,02%, pada siklus I meningkat menjadi 52,25 % , pada siklus II 69,44 % dan pada siklus III mencapai 80,20 %. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kecakapan hidup khususnya aspek kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Taruna Teladan Delanggu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkan kecakapan hidup anak khususnya pada aspek kemandirian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecakapan hidup, Bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 08:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24872 |
Actions (login required)
View Item |