LESTARI, PUJI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Implementasi Pembelajaran Role Playing Dan Think Talk Write (TTW) Pada Siswa SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013 Terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_awal.pdf Download (347kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (251kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi Role Playing dan Think Talk Write terhadap hasil belajar Ekosistem pada siswa kelasVII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbandingan hasil belajar kognitif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Kartasura, Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura, Surakarta. Sampel menggunakan tiga kelas, kelas VII E sebagai kelas kontrol, kelas VII F sebagai kelas eksperimen I (menggunakan Role Playing) dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen II (menggunakan Think Talk Write). Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan observasi, dokumentasi, perlakuan, memberikan tes, dan menilai hasil tes. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji non parametrik dengan tipe K-Independent Sample T Test (Kruskal-Wallis Test), tetapi sebelumnya dilakukan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data K-Independent Sample Test (Kruskal-Wallis Test) diperoleh nilai signifikasi = 0,334 dan nilai probabilitas post test = 0,008, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar Role Playing dan Think Talk Write (TTW) pada siswa SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2012/2013, yang paling tinggi hasil belajarnya adalah Think Talk Write.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Playing, Think Talk Write, dan hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 12:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24811 |
Actions (login required)
View Item |