PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DAN INTENSITAS MEMPELAJARI MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007

Sarino, Sarino (2008) PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DAN INTENSITAS MEMPELAJARI MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220040032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mengikuti kegiatan pramuka dan intensitas mempelajari materi PPKn terhadap sikap nasionalisme mahasiswa jurusan PPKn FKIP UMS tahun akademik 2007. Permasalahan yang muncul adalah apakah ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari mengikuti kegiatan pramuka dan intensitas mempelajari materi PPKn terhadap sikap nasionalisme mahasiswa. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 50 orang mahasiswa. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 30 mahasiswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang merupakan metode pokok sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengikuti kegiatan pramuka, intensitas mempelajari materi PPKn, dan sikap nasionalisme mahasiswa. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa dokumentasi dan observasi untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = ................. Diperoleh nilai Freg sebesar = 18,272, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan derajat bebas m dan N-m-1 atau 2;27 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,35 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 5,49. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 18,272 > 3,35 atau 18,272 > 5,49 pada taraf signifikansi 1%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari mengikuti kegiatan pramuka dan intensitas mempelajari materi PPKn terhadap sikap nasionalisme mahasiswa jurusan PPKn FKIP UMS tahun akademik 2007. Hal ini menunjukkan bahwa mengikuti kegiatan pramuka berpengaruh terhadap sikap nasionalisme sebesar 29,7%, sedangkan intensitas mempelajari materi PPKn memberikan pengaruh sebesar 27,8%. Dengan demikian berarti masih ada faktor-faktor lain yang besarnya 42,5% yang secara efektif mempengaruhi sikap nasionalisme yang dimiliki mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari mengikuti kegiatan pramuka dan intensitas mempelajari materi PPKn terhadap sikap nasionalisme bagi mahasiswa yang bersangkutan. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin intensitas mengikuti kegiatan pramuka dan semakin tinggi intensitas mahasiswa dalam mempelajari materi PPKn, akan menyebabkan semakin tinggi pula kecenderungan mahasiswa tersebut memiliki sikap nasionalisme yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Dengan demikian mengikuti kegiatan pramuka dan intensitas mempelajari materi PPKn merupakan faktor yang ikut mempengaruhi sikap nasionalisme bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Purposive Area Proportional Random Sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2008 04:03
Last Modified: 17 Nov 2010 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item