Penerapan Metode Talking Stick Media Choose Number Dengan Menekankan Task Orientation Dan Involvement Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII G MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Anggraeni, Acnesia Hery and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Penerapan Metode Talking Stick Media Choose Number Dengan Menekankan Task Orientation Dan Involvement Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII G MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab Ii)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi ekosistem kelas VIIG MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode talking stick media choose number dengan menekankan task orientation dan involvement. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan kegiatan masing-masing yaitu dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu untuk nilai kognitif rata-rata 64,75 naik sebanyak 21,87 point dari nilai awal (42,88) dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa(35%). Untuk nilai afektif siklus I yaitu rata-ratanya 5,25 dengan kriteria cukup berminat. Pada siklus II rata-rata nilai kognitif adalah 75 meningkat 10,25 point dari nilai siklus I dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa (72,5%) sedangkan untuk nilai rata-rata afektif siklus II adalah 9 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode talking stick media choose number dengan menekankan task orientation dan involvement dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi ekosistem siswa kelasVIIG MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: talking stick, choose number, task orientation, involvement, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 08:41
Last Modified: 03 Nov 2021 20:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item