Kusuma Jati, Era Pratiwi and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Analisis Hasil Belajar Biologi Pada Pembelajaran Quiz Team Dan Information Search Dengan Media Visual Serta Penataan Kelas Berbentuk U Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (262kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (648kB) |
Abstract
Pembelajaran biologi lebih dominan terhadap guru yang berceramah, sehingga siswa tampak pasif, tidak berantusias dalam memahami pelajaran dan hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar biologi pada pembelajaran Quiz Team dengan Information Search menggunakan media visual serta penataan kelas berbentuk U pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu True Eksperimental dengan Posttest Only Control Desain, metode penelitian ini dalam kelompok masing-masing dipilih secara random, dimana diakhir pembelajaran diberi postest pada tiap perlakuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif. Perlakuan dalam penelitian ini adalah Eksperimen 1 menggunakan pembelajaran Quiz Team, Eksperimen 2 menggunakan pembelajaran Information Search dan Kontrol. Penelitian yang dilakukan diuji menggunakan uji variansi yaitu uji variansi satu jalan (One Way Anova) atau disebut Uji Anova untuk mengetahui rata-rata hasil belajar biologi menggunakan dua strategi tersebut. Hasil dari Uji Anova diketahui adanya perbedaan yang signifikan bahwa rata-rata hasil belajar biologi pada pembelajaran Quiz Team memiliki rata-rata sebesar 71,67, sedangkan pembelajaran Information Search sebesar 74,94 dan kontrol sebesar 63,34. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata belajar biologi pada pembelajaran Information Search lebih unggul dibandingkan pembelajaran Quiz Team pada materi Ekosistem yang dilengkapi dengan media visual dan penataan kelas berbentuk U di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Quiz Team, Information Search, posttest dan One way Anova. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 08:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24785 |
Actions (login required)
View Item |