Analisis Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Pair Check Dengan The Power Of Two Menggunakan Media Relia Serta Penataan Kelas Berbentuk Meja Konferensi Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Karangpandan Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Suryati, Suryati and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Analisis Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Pair Check Dengan The Power Of Two Menggunakan Media Relia Serta Penataan Kelas Berbentuk Meja Konferensi Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Karangpandan Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (636kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (507kB)

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia, karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi pembelajaran biologi dalam penggunaan pembelajaran The Power of Two dan pembelajaran Pair Check dengan menggunakan media relia serta penataan meja berbentuk meja konferensi pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bentuk desain Posttest-Only Design. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan homogenitas, dengan menggunakan uji analisis varian satu jalan (Oneway Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif pada kelas kontrol diperoleh rerata 57,66, nilai tertinggi sebesar 80, nilai terendah sebesar 35, sedangkan pembelajaran Pair Check (Eksperimen I) terdapat rerata sebesar 74,22 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 dan pembelajaran The Power of Two(Eksperimen II) terdapat rerata 80,31 dengan nilai tertinggi sebesar 100, terendah sebesar 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Pair Check dengan media relia serta penataan meja berbentuk meja konferensi.pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangpandan pad aspek kognitif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, Pair Check, The Power of Two, Oneway Anova
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jul 2013 06:31
Last Modified: 03 Nov 2021 20:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item