Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assestment, dan Satisfaction) pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo

Mustika, Novita Fajar and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assestment, dan Satisfaction) pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (183kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat kompleks, dengan melibatkan aktivitas secara kognitif dan ketrampilan tertentu dalam proses memproduksi teks. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dalam menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dalam memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana pada siswa kelas VIII F SMP.N.2 Gatak Kecamatan Trangsan Kabupaten Sukoharjo dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction). Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assestment dan Satisfaction). Analisis data dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis PTK model Kurt Lewin. Hasil analisis tersebut kemudian dijadikan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan berikutnya sesuai dengan sikulus yang ada. Analisis terhadap peningkatan kemampuan siswa menulis deskripsi melalui model pembelajaran ARIAS mencakup kemampuan siswa untuk mendiskripsikan orang, mendiskripsikan benda, mendiskripsikan aktivitas, mendiskripsikan tempat, dan mendiskripsikan objek sesuai dengan kelima komponen dalam model pembelajaran ARIAS. hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) tahap perencanaan dan persiapan tindakan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap analisis dan refleksi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Deskripsi, Model Pembelajaran ARIAS, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2013 06:17
Last Modified: 31 Oct 2021 01:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item