Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013

Astutik, Dwi and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and -, Drs.Sudarto,MM (2013) Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Dafta Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013, 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan prestasi terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 153 mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 105 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang berupa nilai prestasi belajar mahasiswa (IPK). Angket sebelumnya diujicobakan dengan menguji validitas item angket serta reliabilitas angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y = 1,325+ 0,015X1 + 0,021X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh minat belajar dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,748>1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007, dengan sumbangan efektif sebesar 8,5%, 2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 4,500 >1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 18,2%, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada Mahasiswa FKIP UMS Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 18,598 >3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 32% dan sumbangan efektif 8,5%, sedangkan variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 68% dan sumbangan efektif 18,2%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,267 (26,7%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 07:51
Last Modified: 29 Oct 2021 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item