Saputro, Erwan and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Strategi Kesantunan Positif Di Kalangan Anak SD Berlatar Belakang Budaya Jawa Di Kelurahan Banaran, Kalijambe. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (271kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk tuturan yang mengandung strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe, (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe. Objek penelitian ini adalah strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak SD yang menggunakan strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan teknik simak, rekam dan catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual dan metode baca markah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk tuturan yang mengandung strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe yakni direalisasikan dalam bentuk tuturan pernyataan, tuturan pertanyaan, dan tuturan perintah. (2) strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa yakni di realisasikan dalam 15 strategi yakni 1) Memberikan perhatian, mengikuti pendengar (ketertarikan, keinginan, kebutuhan, dan barang- barangnya), 2) Melebih-lebihkan (ketertarikan, kesetujuan, simpatinya terhadap lawan tutur), 3) Meningkatkan ketertarikan kepada lawan tutur, 4) Menggunakan penanda yang menunjukkan kesamaan jati diri atau kelompok, 5) Mencari dan mengusahakan persetujuan dengan lawan tutur, 6) Menghindari pertentangan dengan lawan tutur, 7) Mempresuposisikan atau menimbulkan persepsi sejumlah persamaan penutur dan lawan tutur, 8) Membuat lelucon, 9) Pernyataan atau pengisyaratan pada pengetahuan penutur dan konsen untuk keinginan mitra tutur, 10) Membuat penawaran dan janji, 11) Menunjukkan rasa optimisme, 12) Berusaha melibatkan lawan tutur dan penutur dalam suatu kegiatan tertentu, 13) Memberikan dan meminta alasan, 14) Timbal balik, 15) Memberikan rasa simpati kepada lawan tutur.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pragmatik, strategi kesantunan positif. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 11:29 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 00:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24495 |
Actions (login required)
View Item |