HARJITO , FALI (2013) Perbandingan Penggunaan Pembelajaran Snowballing Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_depan.pdf Download (311kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan pembelajaran Snowballing dan Snowball Throwing pada materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Experiment, dengan bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, kelas VIII C (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan Snowballing, kelas VIII D (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan Snowball Throwing dan kelas VIII H (29 siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Random Sampling, nilai yang digunakan dalam penentuan sampling yaitu nilai ujian akhir sekolah semester gasal. Penelitian ini menggunakan 3 materi yaitu gerak tumbuhan, hama dan gulma yang menyerang tanaman, dan penyakit tanaman. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes tertulis. Analisis data menggunakan anova satu jalan (One Way Anova) melalui SPSS 15.0 for windows. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (16,451) lebih besar dari Ftabel (3,096). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 89) yaitu sebesar 3,096 maka H0 ditolak, yang berarti dari statistika uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran yang digunakan. Hasil nilai posttest pada penelitian menunjukkan bahwa rata - rata nilai hasil postest siswa yang menggunakan Snowballing lebih tinggi (74,17) dibanding dengan Snowball Throwing (70,50) dan kontrol (63,45). Hal ini didukung dari penilaian aspek afektif siswa pada pembelajaran menggunakan Snowballing lebih tinggi daripada Snowball Throwing dan kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan Snowballing lebih efektif daripada pembelajaran Snowball Throwing dan konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | snowballing, snowball throwing, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 11:21 |
Last Modified: | 19 Jun 2013 13:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24441 |
Actions (login required)
View Item |