Astuti, Eka Puji and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Smart Brain Kelas V SDN Gedong 01 Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (481kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (61kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Keaktifan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Smart Brain Kelas V SDN Gedong 01 Karanganyar Tahun 2012/2013”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Gedong 01 Karanganyar yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Smart Brain dapat meningkatkan keaktifan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Gedong 01 Karanganyar tahun pelajaran 2012-2013. Hasil penelitian ini yaitu: 1) adanya peningkatan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia meliputi a) Keberanian memberikan pendapat sebelum tindakan 44%, sesudah tindakan 76% b) Menjelaskan isi cerita sebelum tindakan 32% sesudah tindakan 72% c) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 20% dan sesudah tindakan 84%. 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa ( 28%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 58,6, pada siklus I hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 12 siswa (48%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67 dan pada siklus II hasil belajar yang memenuhi KKM sebanyak 23 siswa (92%) dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,6. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Smart Brain dapat meningkatkan keaktifan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD N Gedong 01 Karanganyar 2012-2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan berbicara, metode smart brain. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 11:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24387 |
Actions (login required)
View Item |