Peran Sosial Guru Bersertifikat Pendidik (Studi Situs di SMA Muhammadiyah I Klaten)

Salimah, Salimah and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peran Sosial Guru Bersertifikat Pendidik (Studi Situs di SMA Muhammadiyah I Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran sosial guru SMA Muhammadiyah I Klaten yang bersertifikat pendidik. Untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka jenis penelitian didasarkan pada data yang dianalisis yaitu data primer dan sekunder yang akan dianalisis dengan Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sosial guru bersertifikat pendidik dapat dilihat dari peran sosial dengan Kepala Sekolah, peran sosial dengan rekan sejawat, dan peran sosial dengan siswa. Peran sosial guru-guru bersertifikat pendidik di SMA Muhammadiyah I Klaten dengan Kepala Sekolah dalam keadaan baik dilihat dari guru hormat dan taat kepada Kepala Sekolah. Peran sosial guru-guru bersertifikat pendidik di SMA Muhammadiyah I Klaten dengan rekan sejawat dalam keadaan baik dilihat dari guru baik hati, dapat diandalkan, arif, pemaaf, tahu berterima kasih, ramah, rendah hati. Peran sosial guru-guru bersertifikat pendidik di SMA Muhammadiyah I Klaten dengan siswa dalam keadaan baik dilihat dari guru tegas, tepat waktu, lemah lembut dan adil di kelas. Hal yang kurang baik dalam peran sosial guru SMA Muhammadiyah I Klaten yang bersertifikat pendidik adalah dalam peran sosialnya dengan siswa khususnya karena mereka kurang kreatif di kelas. Dikatakan kurang kreatif karena data observasi menunjukkan tidak digunakannya alat peraga untuk pokok bahasan tertentu yang seharusnya menggunakan alat peraga, penyampaian materi hanya diterangkan di depan kelas dengan suara yang monoton, serta didukung pengakuan guru bersertifikat pendidik dalam wawancara bahwa mereka terbiasa dengan metode mengajar yang konvensional di kelas. Saran yang diberikan adalah: 1) Kepala Sekolah mempunyai komitmen yang tinggi untuk melakukan upaya-upaya peningkatan peran sosial guru bersertifikat pendidik khususnya dalam hubungannya dengan siswa, 2) Kepala Sekolah memfasilitasi terjadinya pelatihan-pelatihan bagi guru bersertifikat pendidik untuk mengembangkan diri, khususnya berhubungan dengan kreativitas, 3) Guru bersertifikat pendidik melakukan peran sosial semaksimal mungkin baik dalam hubungannya dengan Kepala Sekolah, rekan sejawat, dan siswa, dan 4) Guru bersertifikat pendidik berupaya mengembangkan diri dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada, baik pelatihan-pelatihan, media massa, internet, dan lain sebagainya untuk melatih kreativitasnya ketika menyampaikan pokok bahasan di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran sosial, guru bersertifikat pendidik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 10:40
Last Modified: 20 Oct 2021 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24281

Actions (login required)

View Item View Item