Parimin , Parimin (2012) Model Supervisi Pembelajaran oleh Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fokus utama penelitian ini adalah Bagaimanakah model supervisi pembelajaran oleh Kepala Sekolah di Sekolah SMA Muhammadiyah Kota Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan model perencanaan supervisi pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Surakarta 2) Untuk mendeskripsikan model pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah 3) Untuk mendeskripsikan model umpan balik dan tindaklanjut supervisi pembelajaran oleh Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah di Kota Surakarta, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis interaktif menggunakan empat tahapan yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini 1) kegiatan perencanaan supervisi pembelajaran di SMA Muhammadiyah Kota Surakarta mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan, yakni mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu disupervisi. Identifikasi dilaksanakan dengan menganalisis kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman dari aspek kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru agar supervisi lebih efektif dan tepat sasaran. 2) Dalam pelaksanaannya, SMA Muhammadiyah Kota Surakarta menggunakan beberapa model dan teknik supervisi yang dapat dilakukan Kepala Sekolah. Metode supervisi pembelajaran yang digunakan SMA Muhammadiyah di Surakarta tersebut dibedakan antara yang bersifat individual dan kelompok. Teknik supervisi pembelajaran individual di sini adalah pelaksanaan supervisi yang diberikan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah kepada guru tertentu yang mempunyai masalah khusus dan bersifat perorangan. Supervisor di sini hanya berhadapan dengan seorang guru yang dipandang memiliki persoalan tertentu. Teknik-teknik supervisi yang dikelompokkan sebagai teknik individual meliputi: kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antarkelas, dan menilai diri sendiri. 3) Tindak lanjut hasil supervisi dilakukan dengan cara melaksanakan pembinaan dan pemantapan instrumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervisi pembelajaran, supervisi kepala sekolah, SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 May 2013 11:27 |
Last Modified: | 28 May 2013 11:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24265 |
Actions (login required)
View Item |