Poniyati, Poniyati and , Prof. Dr. Bambang Setiaji and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Efektifitas Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta Program Boarding School. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (410kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (694kB) |
|
|
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf Download (345kB) |
|
PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
||
PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Biologi di MAN 1 Surakarta Program Boarding School; (2) Untuk menganalisis Efektifitas pembelajaran Biologi dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran siswa di MAN 1 Surakarta Program Boarding School; (3) Untuk meneliti kesulitan siswa dalam pembelajaran Biologi di MAN 1 Surakarta Program Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Surakarta ProgramBoarding School. Informan kepala sekolah, guru, siswa, alumni. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Analisa yang digunakan adalah analisa data yang tertata dalam situs bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Biologi. Perencanaan pembelajaran Biologi dengan berbagai persiapan yaitu, penguasaan materi ajar, memahami silabus, menyusun RPP yang berkarakter lengkap dengan lembar kerja, lembar tugas, soal test /instrumen, menyiapkan alat peraga, buku pegangan ESIS terbitan Erlangga. Pelaksanaan pembelajaran biologi diawali pengorganisasian siswa dengan salam serta absensi kehadiran siswa, pembelajaran dengan media LCD, papan tulis dan peralatannya, tarso, alat peraga, praktikum di laboratorium, belajar dilingkungan. Dengan metode gabungan antara ceramah, presentasi, tanya jawab, diskusi, cooperative learning; (2) Efektifitas pembelajaran Biologi dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran. Pembelajaran biologi dikatakan efektif jika nilai rata-rata siswa telah melampaui batas ketuntasan minimum yaitu 70. Sedangkan untuk nilai Ujian Nasional telah melampaui batas nilai ketuntasan minimum nasional, untuk biologi 5,5. serta memenuhi tarjet sekolah untuk diterima di Universitas meningkat. (3) Siswa merasa kesulitan dalam belajar biologi, karena banyak menghafal kata-kata ilmiah serta metode pembelajaran dengan ceramah membuat siswa mengantuk, materi biologi yang banyak, harus membaca dan harus mendegarkan penjelasan dari guru. Yang diinginkan, pelajaran biologi dibuat semenarik mungkin, sehingga siswa tertarik dengan pelajaran biologi. Dengan praktikum dilaboratorium atau belajar langsung dari lingkungan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, pembelajaran, biologi, program boarding school |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 10:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24261 |
Actions (login required)
View Item |