Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Audio Visual Bagi Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Surakarta

Sukamto, Sukamto and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Drs. Syamsudin, M.M. (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Audio Visual Bagi Anak Tunagrahita Di SLB Negeri Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Sukamto-Naskah_Publikasi.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika menggunakan media audio visual bagi anak tunagrahita di SLB Negeri Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran Matematika. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita kelas VIII SLB Negeri Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan hasil belajar Matematika antarsiklus, yang dianalisis adalah hasil belajar sebelum menggunakan media audio visual dan hasil belajar setelah menggunakan media audio visual sebanyak dua siklus. Hasil penelitian diketahui data awal nilai penjumlahan bilangan sampai 3000, diketahui nilai rata-rata sebesar 55,00. Terdapat 5 siswa mendapat nilai kurang dari 60 atau belum tuntas belajarnya dan hanya 3 siswa yang mendapat nilai 60 atau lebih. Ketuntasan secara klasikal mencapai 37,50%. Hasil tes pada siklus I, diketahui rata-rata nilai penjumlahan bilangan sampai 3000 sebesar 60,00, terdapat 5 siswa mendapat nilai 60 atau lebih (tuntas belajarnya) dan 3 siswa yang belum tuntas, karena nilainya masih di bawah 60,00. Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 62,50%. Hasil tes pada siklus II, diketahui rata-rata nilai penjumlahan bilangan sampai 3000 sebesar 66,25, seluruh siswa siswa mendapat nilai 60 atau lebih (tuntas belajarnya). Ketuntasan secara klasikal telah mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa tunagrahita kelas VIII SLB Negeri Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran Matematika, media audio visual, siswa tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 10:29
Last Modified: 20 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item