Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif pada Siswa Kelas III di Sd N 2 Taskombang Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Hastaria, Agustin Dian and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif pada Siswa Kelas III di Sd N 2 Taskombang Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASSKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER....pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran matematika materi soal cerita melalui penggunaan bahan manipulatif. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten yang terdiri dari 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang akan dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus akan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sedangkan subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru kelas III. Metode bantu yang digunakan adalah catatan lapangan dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas diperoleh hasi adanya peningkatan minat dan hasil belajar yang dilihat dari aspek sebagai berikut : (1) Mengerjakan PR/tugas sebelum tindakan terdapat 12 siswa (52%) setelah dilakukan tindakan menjadi 20 siswa (80%) , (2) Bertanya jika mengalami kesulitan sebelum tindakan hanya 4 siswa (16%) setelah tindakan menjadi 18 siswa (72%), (3) Mengerjakan sendiri/tidak mencontek sebelum tindakan ada 10 siswa (40% ) dan setelah tindakan menjadi 22 siswa yang mengerjakan sendiri (88%), (4) Maju kedepan menyelesaikan soal sebelum tindakan hanya 85 siswa (32%) yang berani maju kedepan den setelah dilakukan tindakan menjadi 19 siswa (76%) , serta (5) Nilai rata – rata siswa lebih dari KKM 6,5sebelum tindakan 9 siswa (3% ) setelah tindakan menjadi 23 siswa yang mempunyai nilai diatas KKM 6,5(92%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita Pecahan, Matematika, Bahan Manipulatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 06:41
Last Modified: 24 Oct 2021 13:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23701

Actions (login required)

View Item View Item