Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 03 Tahun Pelajaran 2012/2013

Fitri, Nur and , Drs. Suwarno, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen 03 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika melalui penerapan strategi pembelajaran card sort bervariasi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Kayen 03 pada tanggal 27 Januari 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kayen 03 yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 16 putra dan 14 putri. Obyek penelitian adalah kemampuan berhitung dan strategi card sort bervariasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator kemampuan berhitung matematika adalah sebagai berikut: (1) menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis; (2) menjelaskan langkah atau memberi alasan terhadap penyelesaian soal; (3) menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh penyelesaian soal; (4) mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas IV SDN Kayen 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi card sort bervariasi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berhitung siswa rendah dengan presentase 35%. Pada siklus I terdapat kemampuan berhitung siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung 50% dan pada siklus II kemampuan berhitung siswa sangat baik dengan presentase 80%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung bagi siswa dengan penerapan strategi card sort bervariasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan berhitung matematika, card sort bervariasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2013 11:26
Last Modified: 03 Nov 2021 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item