Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Sentul 02 Tahun Pelajaran 2012/2013

Suyati, Suyati and , Drs.Mulyadi Sri Kamulyan,SH,M.Pd. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN Sentul 02 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_publikasi.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaranMatematika Menggunakan model pembelajaran kontekstual. Subyek penelitian adalah Siswa kelas V SDN Sentul 02 yang berjumlah 29 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah Data hasil belajar siswa, Data guru selaku peneliti, Data keaktifan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, dan pengamatan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan keaktifan pembelajaran pada kondisi awal siswa menunjukkan bahwa banyak siswa yang aktif 38% atau sebanyak 11 anak dari 29 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 62% atau sebanyak 18 anak dari 29 siswa. Pada siklus I diperoleh data bahwa banyak siswa yang aktif 18% atau sebanyak 18 anak dari 29 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 38% atau sebanyak 11 anak dari 29 siswa.Dari hasil observasi pada siklus II diperoleh data bahwa banyak siswa yang aktif 83 % matau sebanyak 24 anak dari 29 siswa. Banyak siswa yang kurang terlibat dan tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran 17% atau sebanyak 5 anak dari 29 siswa.Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, pembelajaran Matematika, model pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2013 08:11
Last Modified: 03 Nov 2021 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23599

Actions (login required)

View Item View Item