Sa’adah, Nurul Aini and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_ILMIAH.pdf Download (71kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V dengan menerapkan model complete sentence. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaku tindakan adalah guru kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, monitoring, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya minat belajar siswa yang terlihat dalam 5 indikator; yaitu antusias dalam belajar, memperhatikan penjelasan dari guru, memberi tanggapan dari guru atau siswa lain, mengerjakan soal-soal latihan dari guru, dan menanyakan yang belum jelas. dengan hasil pada pra siklus sebanyak 4 siswa dengan prosentase 16,6%, siklus I sebanyak 12 siswa dengan prosentase 50% dan pada siklus ke 2 meningkat sebanyak 21 siswa dengan prosentase 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model complete sentence dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Gunungtumpeng 01 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, complete sentence. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 07:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23575 |
Actions (login required)
View Item |