Mansur, A Bagus and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetak Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.__Halaman_Depan.pdf Download (291kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui strategi Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jetak tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa, guru & teman sejawat. Adapun obyek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi & strategi jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal evaluasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Berdasarkan hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan dalam dua siklus diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kemampuan menulis puisi terlihat dari nilai ratarata post test siswa pra siklus (68,5), pada siklus I (72,86), dan siklus II (79,64). Tingkat ketuntasan siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pra siklus siswa yang tuntas (40%), pada siklus I (62,29%), pada siklus II (85,71%). Indikator pencapaian yang ditetapkan sebesar (85%) pada KKM individual yang ditetapkan untuk pembelajaran kemampuan menulis puisi adalah (KKM=75). Berdasar lembar observasi menunjukkan kinerja guru, aktifitas guru berada pada kategori baik (score=3) mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dan sudah mencapai indikator pencapaian yang ditetapkan minimal baik (score=3). Secara keseluruhan pada siklus II semua aspek pembelajaran kemampuan menulis puisi melalui strategi jigsaw mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui strategi jigsaw pada siswa SD Negeri Jetak tahun pelajaran 2012/2013” dapat diterima kebenarannya. Maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah berhasil. Dalam pembelajaran menulis puisi kelas V SD sebaiknya digunakan strategi Jigsaw & tidak menutup kemungkinan dikembangkannya strategi yang lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Menulis Puisi, Strategi Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 05:04 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23562 |
Actions (login required)
View Item |