HERMAWAN, ANDI (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V SD N 1 Jepang Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (390kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
9._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penggunaan media tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Jepang pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari empat tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata keaktifan siswa pada setiap siklusnya yaitu sebelum tindakan rata-rata keaktifan siswa 23,12%, pada siklus I pertemuan ke-1 meningkat menjadi 33,12%, kemudian pada siklus I pertemuan ke-2 meningkat lagi menjadi 54,42%, setelah memasuki siklus II pertemuan ke-1 rata-rata keaktifan siswa 73,74%, kemudia pada siklus II pertemuan ke-2 meningkat lagi menjadi 83,12%. Dari hasil siklus II pada pertemuan ke-2 ini keaktifan siswa sudah sesuai dengan apa yang di harapkan yaitu rata-rata aspek keaktifan diatas 75%. Kemudian dari hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 60,93 pada pra siklus meningkat menjadi 74,37 pada siklus I dan 86,25 pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 43,75% pada siklus I meningkat menjadi 53,12% dan 96,25% pada siklus II dengan KKM 70. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan media tiga dimensi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan dan Media Tiga Dimensi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 12:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2013 12:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23541 |
Actions (login required)
View Item |