Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Staytwo Stray (TS-TS) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Pringanom 3 Tahun Ajaran2012/2013 Masaran Sragen

Rosadi, Bahtiyar and , Suwarno, M.Pd. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Staytwo Stray (TS-TS) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Pringanom 3 Tahun Ajaran2012/2013 Masaran Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (500kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_pdf.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_IIpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_Vpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (932kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay–stwo stray (TS-TS) pada kelas V SD Negeri Pringanom 3 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Pringanom 3 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi meliputi tindak mengajar guru pra siklus dan tindak belajar siswa selama pelaksanaan siklus. Tes yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur keterampilan menyimak siswa. Wawancara dilakukan kepada guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay–two stray (TS-TS) dapat meningkatkan ketermpilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Pringnom 3. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata keterampilan menyimak pada saat pra siklus 61,8 dengan prosentase ketuntasan 36% atau hanya 9 siswa yang mencapai KKM. Pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata keterampilan menyimak menjadi 65,8 dengan prosentase ketuntasan 60% atau meningkat 24% dibanding pra siklus sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata keterampilan menyimak menjadi 78,2 dengan prosentase ketuntasan 88% atau sebanyak 22 siswa mencapai KKM dari 25 siswa secara keseluruhan. Keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V meningkat sebesar 52% sampai pada siklus II. Kata

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimak, model pembelajaran kooperatif tipe two stay – two stray (TS-TS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2013 11:08
Last Modified: 30 Oct 2021 18:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23468

Actions (login required)

View Item View Item