Penerapan Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII semester ganjil SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013)

PRASETYO, Donny and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII semester ganjil SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (BSB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BSB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (BSB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran Every One Is A Teacher Here di kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Hal ini dapat terlihat dari : : 1) mampu menyelesaikan tugasnya sendiri sebelu tindakan 30,55% dan setelah tindakan 88,88%, 2) mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 33,3% setelah tindakan 75%, 3) mampu untuk percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 38,8 % dan setelah tindakan 88,88%, 4) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 41,6 % dan setelah tindakan 86,11%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Every One Is A Teacher Here dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Every One, Teacher, Kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:31
Last Modified: 01 Nov 2021 20:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item