PRASETYO, Donny and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII semester ganjil SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (476kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (BSB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (BSB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (BSB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran Every One Is A Teacher Here di kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII G SMP Al Islam 1 Surakarta. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Hal ini dapat terlihat dari : : 1) mampu menyelesaikan tugasnya sendiri sebelu tindakan 30,55% dan setelah tindakan 88,88%, 2) mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 33,3% setelah tindakan 75%, 3) mampu untuk percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 38,8 % dan setelah tindakan 88,88%, 4) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 41,6 % dan setelah tindakan 86,11%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Every One Is A Teacher Here dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Every One, Teacher, Kemandirian |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 12:31 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23467 |
Actions (login required)
View Item |