Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri IV Purwoharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013

SAPTIANI, YINTIA (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri IV Purwoharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw pada siswa kelas IV SD Negeri IV Purwoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kela IV SD Negeri IV Purwoharjo dengan jumlah 26 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Pada kondisi pra tindakan keaktifan siswa hanya ada 4 siswa (15,38%) meningkat pada siklus 1 menjadi 10 siswa (38,46%) pada siklus 2 meningkat menjadi sebanyak 22 siswa (84,62%). Dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa maka hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 siswa yang mendapat nilai di atas KKM ada 18 siswa (69,23%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 23 siswa (88,46%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD NegeriIV Purwoharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Quick on The Draw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2013 11:19
Last Modified: 03 Apr 2013 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item